Timbangan Digital Murah – Setiap produk elektronik memiliki rancangan dan spesifikasi yang cukup rumit. Ada bagian-bagian khusus yang memiliki peran penting supaya perangkat elektronik dapat dioperasikan secara optimal. Demikian halnya dengan timbangan digital, ada bagian-bagian atau komponen penting untuk menunjang kinerja produk timbangan elektronik ini.

Fungsi timbangan digital berkaitan erat dengan akurasi. Artinya tingkat akurasi timbangan digital harus seimbang dengan kapasitasnya. Dalam hal ini bisa dipastikan timbangan digital memiliki akurasi lebih baik dibanding timbangan mekanik sebab hasil penimbangan ditunjukkan dalam bentuk digit-digit angka.

Bagian-bagian Timbangan Elektronik

Terlepas dari timbangan digital murah atau mahal, ada beberapa komponen penting yang tidak bisa dipisahkan dari timbangan digital. Bagian-bagian tersebut adalah:

  • Pendeteksi Berat (Detection Weight)

Detection weight atau pendeteksi berat adalah bagian timbangan digital yang berfungsi merubah gaya tekanan (tarikan) yang menjadi sinyal. Umumnya bagian ini menggunakan beragam alat, namun yang sering digunakan adalah Loadcell sebagai alatnya. Pada timbangan digital sederhana atau portable scale bagian Loadcell sendiri menyatu dalam timbangan tersebut.

Ada beberapa jenis portable scale dengan Loadcell dibagian kiri namun ada juga yang disebelah kanan. Untuk timbangan digital kapasitas besar biasanya menempatkan Loadcell secara terpisah dari indikator angkanya (display). Hal ini untuk menjaga supaya Loadcell tidak mudah rusak karena beban timbangan yang terlalu berat.

  • Pemroses dan Display (Processing and Display)

Bagian pemroses dan display disebut juga dengan indikator. Bagian ini berfungsi memproses sinyal yang sudah dihasilkan bagian Loadcell. Sinyal mekanik kemudian dirubah menjadi dinyal elektronik , berikutnya akan diproses hingga menunjukkan digit angka dibagian layar (display).

  • Catu Daya (Power Supply)

Tidak ada istilah timbangan digital murah atau mahal karena setiap perangkat elektronik ini dilengkapi catu daya atau power supply. Fungsi dari bagian ini yaitu memberi suplai tegangan pada timbangan supaya dapat bekerja optimal. Ada bermacam-macam jenis power supply yang digunakan timbangan digital. Berikut ini diantaranya:

Catu Daya DC (Baterai) : adalah catu daya untuk jenis timbangan digital yang hanya menggunakan tenaga baterai sebagai sumber dayanya.

Catu Daya AC (Listrik) : adalah catu daya untuk jenis timbangan digital yang hanya menggunakan tenaga listrik sebagai sumber dayanya.

Catu Daya AC dan DC (Baterai dan Listrik) : adalah catu daya untuk jenis timbangan yang menggunakan tenaga baterai atau tenaga listrik sebagai sumber dayanya.

Catu Daya AC dan DC (Power and Batteries rechargeable) : adalah catu daya untuk timbangan digital yang bersumber pada listrik dan baterai yang dapat diisi ulang.

T-Scale Timbangan Digital Murah dengan Suku Cadang Paling Lengkap

Bagian-bagian timbangan digital diatas bisa dibilang “nyawa” dari timbangan itu sendiri. Jadi setiap konponen atau spare-part harus dirawat atau dilakukan penggantian bila mengalami kerusakan.

T-Scale adalah merek produk timbangan digital murah yang menyediakan spare-part paling lengkap di Indonesia. T-Scale sendiri telah mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat karena kualitas serta pilihan produk yang beragam.

Selain harga yang kompetitif T-Scale memiliki list timbangan digital dengan jenis dan kapasitas sesuai kebutuhan pengguna. Adapun produk-produk yang ditawarkan yaitu: Crane Scales (Timbangan Gantung), Floor Scales (Timbangan Lantai), Bench Scales (TImbangan duduk), Platform Scales, Price Computing, Weighing Scales, Pallet Scales dan lain-lain.

Untuk kategori timbangan digital murah dan berkualitas tinggi pilihan paling tepat hanya T-Scale. Anda bisa mendapatkan produk T-Scale dengan mudah sebab saat ini cukup banyak distributor T-Scale di setiap daerah di Indoensia.