Timbangan T-Scale – Bukan hanya bentuk dan akurasinya namun penunjukkan pada timbangan elektronik dan timbangan mekanik juga berbeda. Dalam hal ini penunjukkan timbangan digital lebih mudah dibaca karena terpampang langsung di display dalam bentuk digit-digit angka.

Sewaktu membaca ketelitian timbangan digital kita mengenal satuan penunjukkan berat berlebih. Oleh sebab itu disini Timbangan T-Scale mencoba mengulas mengenai satuan berat berlebih. Satuan penunjukkan yang umumnya digunakan perangkat timbangan digital ada 2 jenis yaitu Kilogram dan Gram. Berikut penjelasannya.

Timbangan Digital Satuan Kilogram (kg) dan Gram (g)

Satuan kilogram digunakan pada timbangan digital berkapasitas besar. Kapasitasnya sendiri bisa mencapai 100.000 kg atau kita lebih mudah membacanya dengan 100 ton. Contohnya angka menunjukkan 12450 maka pembacaannya adalah 12 ton 450 kilogram.

Bisa dibilang pembacaan satuan gram lebih rumit dibanding satuan kilogram. Contoh sederhana, jika setelah diberi beban timbangan menunjukkan angka 140 maka pembacaannya 140 gram.

Untuk ketelitian satu digit di belakang koma dalam satuan gram maka pembacaaanya menggunakan satuan 100 milligram, misalnya terlihat angka 0,1 g maka ketelitiannya adalah 100 milligram (mg). Berikutnya jika angka menunjukkan 0,2 g akan dibaca 200 milligram, 0,3 g dibaca 300 milligram dan seterusnya.

Untuk ketelitian dua digit di belakang koma pada satuan gram maka dibaca dengan 10 milligram, misalnya terlihat angka 0,01 g maka ketelitian satuan ini adalah 10 milligram. Berikutnya jika angka menunjukkan 0,02 g akan dibaca 20 milligram, 0,03 g dibaca 30 milligram dan seterusnya.

Untuk ketelitian tiga digit di belakang koma pada satuan gram maka pembacaannya menggunakan satuan 1 miligram, misalnya terlihat angka 0,001 g maka ketelitiannya adalah 1 milligram. Berikutnya jika angka menunjukkan 0,002 g akan dibaca 2 milligram, 0,003 g dibaca 3 milligram dan seterusnya.

Yang terakhir adalah satuan ketelitian paling kecil yaitu empat digit di belakang koma. Pembacaan satuan terkecil ini adalah 0,1 miligram atau 100 microgram. Misalnya terlihat angka 0,0001 g maka ketelitiannya adalah 100 microgram. Berikutnya jika angka menunjukkan 0,0002 g akan dibaca 200 microgram, 0,0003 g dibaca 300 microgram dan seterusnya.

Counting Scale T-Scale

Timbangan T-Scale adalah produk timbangan digital yang tidak asing bagi pengguna terutama mereka yang berkutat dalam aktivitas perdagangan, industri, perusahaan perkebunan dan lain-lain. Salah satu jenis timbangan T-Scale yang banyak digunakan di supermarket, pabrik-pabrik maupun rumah tangga adalah Counting Scale atau bisa juga disebut timbangan meja.

Ada beberapa jenis Counting Scale dari T-Scale dimana masing-masing tipe memiliki ketelitian hingga dua digit di belakang koma dalam satuan gram. Timbangan canggih ini sudah dilengkapi lampu indikator (backlight) untuk memudahkan pengguna melihat angka hasil timbangan.

Disebut Counting Scale karena perangkat ini dibekali fungsi counting (timbangan penghitung) yang bisa menimbang sekaligus menghitung berbagai benda seperti kertas, baut, komponen-komponen peralatan elektronika. Counting Scale juga dilengkapi memori dan output ke komputer maupun printer. Dengan demikian perangkat ini mampu menyimpan hasil penimbangan ke dalam sistem sekaligus bisa dicetak dengan printer.

Sebagai brand timbangan yang mengutamakan kepuasan konsumen, T-Scale juga menawarkan berbagai jenis timbangan digital sesuai kebutuhan pengguna. Adapun produk timbangan T-Scale yang bisa Anda pilih yaitu: Counting Scale, Crane Scale, Floor Scale, Pos Scale, Weighing Scale, Platform Scale, Pallet Scale, Price Computing, Medical Scale, Weighing Indicator, Precision Balance dan aneka aksesoris.