Tips Membeli Timbangan Digital – Digital Balance Scale atau kita kenal dengan timbangan digital sangat membantu dalam berbagai kegiatan operasional terutama untuk sektor industri dan komersial. Jadi satu hal yang wajar jika perangkat elektronik ini hadir dengan model yang beragam, dari brand yang berbeda-beda.

Dengan pertimbangan kapasitas lebih besar dan hasil yang akurat, saat ini timbangan digital sangat diminati banyak komsumen. Hanya saja kadang kita bingung memilih mana yang terbaik dari sekian banyak merek yang beredar dipasaran. Nah, sebelum menjatuhkan pada satu merek, tak ada salahnya kita pelajari tips membeli timbangan digital agar tidak salah pilih.

Tips Sebelum Membeli Timbangan Digital

Hanya dengan berpatokan pada merek sepertinya bukan jaminan kita bisa mendapat timbangan digital terbaik. Tak jarang kita menjumpai perangkat elektronik merek terkenal cepat rusak sebelum habis masa garansi. Demikian halnya sewaktu kita membeli timbangan digital, tak hanya merek tapi kita perlu memperhatikan beberapa tips membeli timbangan digital berikut ini.

  • Kapasitas 50% Lebih Besar Dibanding Kapasitas Berat Barang

Biasanya sebelum kita memilih timbangan digital terlebih dulu kita sesuaikan dengan kebutuhan. Intinya kita harus membandingkan berat maksimal barang yang akan kita timbang untuk kemudian disesuaikan dengan kapasitas timbangan yang kita pilih.

Agar timbangan lebih awet dan tidak mudah rusak sebaiknya kita pilih timbangan digital dengan kapasitas 50% lebih besar dari beban maksimal yang akan kita timbang. Contohnya jika berat maksimal yang akan ditimbang 500 kg maka pilihan paling tepat adalah timbangan dengan kapasitas minimal 1000 kg. Bukan hanya untuk menghindari kerusakan namun dengan cara ini kita masih bisa menggunakan timbangan ini untuk barang yang memiliki berat ekstra dalam jangka panjang.

Demikian juga dengan platform timbangan. Pilih timbangan digital dengan platform 30%-50% lebih lebar dari lebar barang yang akan ditimbang.

  • Pilih Timbangan Digital yang Sudah Terkalibrasi

Tips membeli timbangan digital yang satu ini bisa dibilang sangat penting bahkan paling penting. Sebelum membeli timbangan digital harus dipastikan timbangan tersebut sudah terkalibrasi. Ciri-ciri timbangan yang sudah terkalibrasi biasanya terdapat stempel dan segel dari badan metrology. Kepastian terkait kalibrasi ini sangat penting supaya timbangan tetap sesuai dengan spesifikasi.

Menghidupkan dan menimbang secara berkala merupakan cara yang tepat agar timbangan digital selalu ter-update dengan bagian sensor timbangan (Loadcell). Intinya semakin timbangan sering digunakan maka tingkat akurasinya semakin meningkat.

Tips Merawat Timbangan Digital

Selain tips membeli timbangan digital berikutnya kita juga harus perhatikan cara merawat timbangan dengan benar. Berikut ini tips-nya.

  • Melakukan Kalibrasi Sendiri

Untuk mengecek akurasi timbangan digital kita bisa mengujinya dengan melakukan kalibrasi sendiri. Jika ada barbell kita bisa menggunakannya dengan cara menimbang barbell secara berkala. Jika suatu saat terjadi perbedaan hasil penimbangan dari sebelum-sebelumnya, maka timbangan digital harus dibawa ke service center untuk kalibrasi ulang.

  • Bersihkan dan Ganti Baterai 6 Bulan Sekali

Bersihkan timbangan dari debu dan kotoran secara rutin. Hindari meletakkan barang diatas timbangan ketika timbangan sedang tidak digunakan karena bisa menimbulkan kerusakan pada sensor matic. Ganti baterai secara berkala atau 6 bulan sekali. Timbangan digital dengan baterai yang lemah membuat hasil timbangan tidak akurat.

Satu hal lagi terkait tips membeli timbangan digital, pastikan timbangan yang dibeli mendapat garansi dari distributor atau pabrik. Pastikan pula ketersediaan atau kelengkapan spare-part sehingga lebih mudah jika harus memperbaiki atau mengganti suku cadang.